EVALUASI PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF TENAGA KEFARMASIAN DENGAN PASIEN DI PUSKESMAS SUKAMERINDU KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.51712/40rfgp05Abstract
merupakan faktor penting dalam membangun hubungan interpersonal yang baik, dalam dunia kesehatan komunikasi sangat diperlukan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan terjadinya masalah dalam keselamatan pasien, sehingga komunikasi yang efektif merupakan komponen penting dalam tujuan keselamatan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan komunikasi efektif yang dilakukan tenaga kefarmasian dengan pasien di Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu.
Metode: Metode penelitian ini adalah survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah jumlah pasien dalam satu bulan yang paling banyak di tahun 2023 yaitu berjumlah 2.063 orang. Sampel didapatkan dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin dan didapat sampel sebanyak 95 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner skala likert 4 tingkatan.
Hasil: Analisa data menggunakan analisis univariat dengan bantuan program microsoft exel dan IBM SPSS statistik dan didapatkan hasil, (53,7%) responden menjawab sangat baik, (44,2%) menyatakan baik, (2,1%) menyatakan cukup baik dan (0%) responden yang menyatakan tidak baik.
Kesimpulan: Penerapan komunikasi efektif tenaga kefarmasian dengan pasien di Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu sudah berjalan efektif dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: komunikasi efektif, tenaga kefarmasian, pasien, puskesmas sukamerindu
ABSTRACT
Background: Communication is an important factor in building good interpersonal relationships. In the world of health, communication is very necessary. Poor communication can lead to problems in patient safety, so effective communication is an important component of patient safety goals. The purpose of this study is to find out how to implement effective communication between pharmaceutical personnel and patients at the Sukamerindu Health Center, Bengkulu City. \
Method: The method of this research is a survey with a quantitative-descriptive approach. The population of this study is the largest number of patients in one month in 2023, amounting to 2,063 people. The sample was obtained by the purposive sampling technique using the Slovin formula, and a sample of 95 people was obtained.
Results: This research instrument uses a 4-level Likert scale questionnaire. Data analysis using univariate analysis with the help of Microsoft Excel and IBM SPSS statistical programs and obtained results, (53.7%) respondents answered very well, (44.2%) said good, (2.1%) said it was quite good, and (0%) respondents said it was not good.
Conclusion: The implementation of effective communication between pharmaceutical personnel and patients at the Sukamerindu Health Center, Bengkulu City, has been effective in the very good category.
Keywords: effective communication, pharmaceutical personnel, patients, sukamerindu health center.