PENGARUH EDUKASI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK TENTANG PENCEGAHAN ANEMIA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 1 NATAR TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.51712/2nxj0p62Abstract
ABSTRAK
Latar belakang: Remaja putri sangat rentan terkena anemia karena pada masa remaja berada pada masa pertumbuhan yang membutuhkan zat gizi yang lebih tinggi termasuk zat besi. TikTok sebagai media populer menjadi media yang cukup ideal dalam melakukan kampanye pencegahan anemia. Tujuan penelitian diketahuinya pengaruh edukasi melalui media sosial Tiktok Tentang pencegahan anemia terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri di SMP Negeri 1 Natar.
Metode : Jenis penelitian bersifat kuantitatif menggunakan pre eksperimental dengan menggunakan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi adalah seluruh remaja putri di SMP Negeri 1 Natar yang berjumlah 577 siswi dengan jumlah sampel 86 orang. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil : Hasil penelitian diketahui rata-rata (mean) pengetahuan remaja putri tentang anemia sebelum diberikan intervensi adalah sebesar 6,7674. Sedangkan rata-rata (mean) pengetahuan remaja putri tentang anemia sebelum diberikan intervensi adalah sebesar 9,6860. Rata-rata (mean) sikap remaja putri tentang anemia sebelum diberikan intervensi adalah sebesar 37,5814, sedangkan rata-rata (mean) sikap remaja putri tentang anemia sebelum diberikan intervensi adalah sebesar 41,9186. Ada pengaruh media sosial tiktok terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang Anemia putri SMP Negeri 1 Natar Tahun 2024 dengan p-value = 0,000. Kesimpulan: Dari penelitian ini bahwa ada pengaruh media sosial tiktok terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang Anemia putri SMP Negeri 1 Natar Tahun 2024 dengan p-value = 0,000.
Kata kunci: Edukasi, Media Sosial, TikTok, Anemia, Pengetahuan, Sikap.
 ABSTRACTBackground: Adolescent girls are very susceptible to anemia because during adolescence they are in a period of growth that requires higher nutrients including iron. TikTok as a popular media is an ideal media for conducting anemia prevention campaigns. The purpose of the study was to determine the effect of education through social media TikTok about anemia prevention on the knowledge and attitudes of adolescent girls at SMP Negeri 1 Natar.
Method: The type of research is quantitative using pre-experimental using a one group pretest posttest design. The population was all adolescent girls at SMP Negeri 1 Natar, totaling 577 students with a sample size of 86 people. Data analysis used the Wilcoxon test.
Results: The results of the study showed that the average (mean) knowledge of adolescent girls about anemia before being given intervention was 6.7674. While the average (mean) knowledge of adolescent girls about anemia before being given intervention was 9.6860. The average (mean) attitude of adolescent girls about anemia before being given intervention was 37.5814, while the average (mean) attitude of adolescent girls about anemia before being given intervention was 41.9186. There is an influence of TikTok social media on the knowledge and attitudes of female adolescents about Anemia in SMP Negeri 1 Natar in 2024 with a p-value = 0.000.
Conclusion: From this study, there is an influence of TikTok social media on the knowledge and attitudes of female adolescents about Anemia in SMP Negeri 1 Natar in 2024 with a p-value = 0.000.
Keywords: Education, Social Media, TikTok, Anemia, Knowledge, Attitude.
References
DALFTALR PUSTALKA
ALPJII. 2022. ALPJII Di Indonesial Digitall Outloook 2022.
ALzwalr, S. 2009. Sikalp Malnusial, Teori Daln Pengukuralnnyal. Yogyalkalrtal Puskaltal Pelaljalr
Belindal, N. R. alnd Suryal, L. S. (2021) ‘Medial-Medial Edukalsi dallalm Pendidikaln Kesehaltaln Gigi daln’, Jurnall Riset Intervensi Pendidikaln, 3(1), pp. 55–60.
Dinkes Lalmpung Selaltaln. (2018). Profile Kesehaltaln Kalbupalten Lalmpung Selaltaln. Dinkes Provinsi Lalmpung. (2018). Profile Dinals Kesehaltaln Provinsi Lalmpung.
Emilial, E. (2020). Hubungaln ALsupaln Zalt Besi dengaln Staltus ALnemial paldal Salntri Putri di Pondok Pesalntren Hidalyaltussallikin ALir Italm Kotal Palngkallpinalng Talhun 2017. Jurnall Kesehaltaln Poltekkes Kemenkes Ri palngkallpinalng, 7(2), 64. https://doi.org/10.32922/jkp.v7i2.8
Fitrial, AL., ALisyalh, S., & Salri Talrigaln, J. (2021). Upalyal Pencegalhaln ALnemial Paldal Remaljal Putri Melallui Konsumsi Talblet Talmbalh Dalralh. RALMBIDEUN : Jurnall pengalbdialn malsyalralkalt, 4(2), 91-99.
Gunalwaln, Heri. (2021). Pendidikaln Kalralkter, Konsep daln Implementalsi. Balndung: ALlfalbetal
Halsiholaln TP, Praltalmi R, Walhid U. 2020. Utilizaltion Of Tik Tok Sociall Medial ALs AL Calmpalign Medial For Halndwalshing Movement In Indonesial To Prevent Covid 1Communiverse : Journall Of Communicaltion Science, 5(2): 70–80.
Hikmalh. Balndal ALceh: Syialh Kuallal University Press. ttps://Doi.Org/10.33221/Jiiki.V 9i01.183
Idalningsih AL, Mustikalsalri SP. 2020. Efektivitals Pemberialn Maldu Daln Pisalng ALmbon Terhaldalp ALnemial Paldal Malhalsiswi Prodi Diplomal Iii Kebidalnaln Stikes Ypib Maljallengkal. Journall Of Midwifery Calre,1(1):11–21. Https://Doi.Org/10.34305/Jmc.V 1i1.189.
Kemenkes RI. (2018). Lalporaln Nalsionall Riskesdes Talhun 2018. Sekretalrialt Baldaln Litbalng Kesehaltaln,
Kementerialn Kesehaltaln RI. Kemenkes. 2018. Pedomaln Pencegalhaln Daln Penalnggulalngaln ALnemial Paldal Remaljal Putri Daln Walnital Usial Subur (WUS).
Kusnaldi, F. N. (2021). Hubungaln tingkalt Pengetalhualn Tentalng ALnemial Dengaln Kejaldialn ALnemial Paldal remaljal Putri. Jurnall Medikal hutalmal, 1293-1296.
Lestalri IP, Lipoeto NI, ALlmurdi AL. 2018. Hubungaln Konsumsi Zalt Besi Dengaln Kejaldialn ALnemial Paldal Murid SMP Negeri 27 Paldalng. Jurnall Kesehaltaln ALndallals, 6(3): 507. Https://Doi.Org/10.25077/Jkal.V 6i3.730
M.Ilyals Ismalil., dkk. (2020). Teknologi Pembelaljalraln Sebalgali Medial Pembelaljalraln (Syalrifuddi). Cendekial Publisher.
Mubalralk. (2017). Promosi Kesehaltaln Sebualh Pengalmaltaln Proses Belaljalr Mengaljalr dallalm Pendidikaln. Gralhal Ilmu.
Muhalyalti AL, Raltnalwalti D. 2019. Hubungaln ALntalral Staltus Gizi Daln Polal Malkaln Dengaln Kejaldialn ALnemial Paldal Remaljal Putri. Jurnall Ilmialh Ilmu Keperalwaltaln Indonesial, 9(01): 563–570.
Mulialni, Usdekal. "Sosiallisalsi Resiko ALnemial Paldal Remaljal Putri Di SMAL Swaldhipal Naltalr Lalmpung Selaltaln Propinsi Lalmpung." Jompal ALbdi:
Nurlalelal, I. L. (2022). Staltus Gizi Paldal Remaljal Putri Yalng Mengallalmi ALnemial Literalture review. Jurnall Falrmalsetis, 216-220.
Nursallalm. (2020). Metodologi penelitialn ilmu keperalwaltaln pendekaltaln pralktis Pengalbdialn Kepaldal Malsyalralkalt, 4(2), 91–99.
Rialni, Pellal, Walhidalh Sukrialni, alnd Yeni Lucin. "Pengalruh Edukalsi Kesehaltaln Berbalsis Vidio Terhaldalp Pengetalhualn Daln Sikalp Pencegalhaln ALnemial Paldal Remaljal Putri Di SMK-N 4 Pallalngkalralyal." Jurnall Medikes (Medial Informalsi Kesehaltaln) 10.2 (2023): 307-320.
Salrwono, AL. E., & Halndalyalni, AL. (2021). Metode kualntitaltif penulis (Ist ed.). UNISRI Press.
Salnialr et all. (2020) Pendidikaln daln Promosi Kesehaltaln. 1st edn. Edited by N.U.
Sulistyalwalti N, Nurjalnalh ALS. 2018. Pengetalhualn Remaljal Putri Tentalng ALnemial Studi Kalsus Paldal Siswal Putri SMALN 1 Piyungaln Balntul. J Kesehalt Salmodral Biru.
WHO. (2022).ALnemial. world Heallth Orgalnizaltion