EFEKTIFITAS TERAPI BERMAIN METODE BERNYANYI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN UNDERWEAR RULES PADA ANAK PRA SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Rahma Annisa Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu
  • Nur Elly Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu
  • Sri Indah Mentari Politeknik Kesehatan Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.51712/0d2yvx96

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: Kurangnya pemahaman terhadap pendidikan seksual terutama underwear rules pada anak prasekolah, dapat membuat pemahaman kesehatan reproduksi mereka rendah atau lemah dan berdampak buruk sehingga sering dijumpai kekerasan seksual pada anak. Sosialisasi pengetahuan underwear rules dapat dilakukan dengan cara terapi bermain metode bernyanyi dan terapi bermain menonton video yang ditujukan agar anak dapat memahami bagian pribadinya yang boleh dan tidak boleh disentuh serta salah satu bentuk pencegahan kekerasan seksual pada anak.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen menggunakan pre-post test design with control group. Sampel penelitian dipilih dengan purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Responden berjumlah 52 orang yang dibagi menjadi kelompok intervensi yang diberi perlakuan terapi bermain metode bernyanyi dan kelompok kontrol yang diberi perlakuan terapi bermain metode menonton video.

Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai pengetahuan anak pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Hasil uji statistik menunjukan adanya pengaruh terapi bermain metode bernyanyi dengan terapi bermain menonton video p value sebesar 0,000 (p value ?  ? 0,05).

Kesimpulan: Sosialisasi underwear rules menggunakan terapi bermain metode bernyanyi lebih efektif untuk digunakan sebagai pendekatan meningkatkan pengetahuan pada anak usia pra sekolah.

Kata kunci: Pengetahuan, underwear rules, terapi bermain, bernyanyi

 

ABSTRACT

Background: Background: Lack of understanding of sexual education, especially underwear rules in preschool children, can make their understanding of reproductive health low or weak and have a bad impact so that sexual violence in children is often encountered. Socialization of underwear rules knowledge can be done by means of play therapy, singing methods and video watching play therapy aimed at children so that children can understand their personal parts that can and cannot be touched and a form of prevention of sexual violence in children.

Methods: This study uses a quantitative method with a quasi-experimental design using a pre-post test design with control group. The research sample was selected by purposive sampling with inclusion and exclusion criteria. The respondents were 52 people who were divided into an intervention group that was given play therapy treatment using the singing method and a control group that was given play therapy treatment using the video viewing method.

Results: The results of the study showed that there was a difference in the average value of children's knowledge in the intervention group and the control group. The results of the statistical test showed that there was an influence of the singing method play therapy with the play therapy watching videos with a p value of 0.000 (p value ? ? 0.05)

Conclusion: Socialization of underwear rules using play therapy, singing methods is more effective to be used as an approach to increase knowledge in preschool children.

 Keywords: Knowledge, underwear rules, play therapy, singing

Author Biography

  • Sri Indah Mentari, Politeknik Kesehatan Bengkulu
    Departemen Keperawatan

References

Al Muqfi, Pratiwi B, Emi,. (2024). Pengaruh Edukasi Menggunakan Media Video Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Penyalahgunaan Napza Di Smp Negeri 05 Kota Bengkulu. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Mitra Rafflesia Volume 16 Nomor 1

Drejer, C., Riegler, M. A., Halvorsen, P., Johnson, M. S., & Baugerud, G. A. (2023). Livestreaming Technology And Online Child Sexual Exploitation And Abuse: A Scoping Review. Trauma, Violence, And Abuse. Https://Doi.Org/10.1177/15248380221147564

Febriagivary, A. H. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seksualitas Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. Children Advisory Research And Education Jurnal Care, 8(2), 2021.

Fideyah, Nur., Mariam, S., Zain, N., Hazariah, S. (2020). The Role of Parent in Providing Sexuality Education to Their. Children. Kulliyyah of Nursing, International Islamic University Malaysia; Makara: J Health Res. Doi: 10.7453/msk.v24i3.1235

Fitriani, N. I. (2023). Pengaruh Metode Bernyanyi Dengan Gerak Terhadap Pengetahuan Tentang Proteksi Diri Dari Kekerasan Seksual Di Kelas B Tk Kemala Bhayangkari 03.

Hatala, T. N., Kelrey, F., Pangandaheng, T., & Tuasikal, H. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Seksualitas Tentang (Underwear Rules) Terhadap Pengetahuan Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan, 14(S1), 65–72.

Istiqomah, I. N., Azizah, L. N., Pebriyanti, D. O., Keperawatan, F., Jember, U., Brigjend, J., & Lumajang, K. (2018). Increasing Knowledge And Skills On Sexual Education Of Early Childhood Programs Through Underwear Rules. 78–82.

Joubert, Stefan. (2023). Singing Good For Your Memory. London Singing Institute.

Kelrey, F., Kombong, R., Hatala, T. N., Keperawatan, A., Tk, R., Latumeten, I. I. I. J. A., & Fathkelreygmailcom, E. (2022). Efektifitas Media Permainan Flashcard Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Anak Usia Prasekolah The Effectiveness Of Flashcard Game Media In Increasing Preschool Age. 5(2), 56–60.

Kemenppa. (2011). Undang-Undamg No 11 Tahun 2011 Tentang Panduan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Di Lingkungan Keluarga, Masyarakat, Dan Lembaga Pendidikan.

Mulia, M. (2022). Penerapan Terapi Bermain (Bernyanyi) Terhadap Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah Yang Mengalami Hospitalisasi. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia (Jikpi), 3(2), 79–82. Https://Doi.Org/10.57084/Jikpi.V3i2.1095

Muslich, I. M., Ni’mah, M., & Kiromi, I. H. (N.D.). Pentingnya Pengenalan Pendidikan Seks Dalam Pencegahan Sexual Abuse Pada Anak Usia Dini.

Nurasyfya, L. S. (2022). Penggunaan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Seks Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Karya. In Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Omar, S., Hussain, M. (2021). Parental Occupation and Its Effect on The Academic Performance of Children. Research Scholar Department of Sociolgy. University of Khasmir. Vol 8. Issue 8. www.jetir.org (ISSN-2349-5162)

Rosalianisa, R., Dorlina, N., Komalasari, D., & Rinakit, K. (2022). Pelatihan Bernyanyi Bagi Pendidik Pos Paud Terpadu Se-Kota Surabaya. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43–52. Https://Doi.Org/10.26740/Jpm.V2n1.P43-52

Saleha, N., Delfina, R., Yustisia, N., Aprilatutini, T., Nurlaili, N., & Sardaniah, S. (2021). Sosialisasi Program Undewear Rules Untuk Meningkatkan Keterampilan Melindungi Diri Pada Anak Prasekolah. Media Karya Kesehatan, 4(2), 206–217. Https://Doi.Org/10.24198/Mkk.V4i2.32275

Schlensog-Schuster, F., Keil, J., Von Klitzing, K., Gniewosz, G., Schulz, C. C., Schlesier-Michel, A., Mayer, S., Stadelmann, S., Döhnert, M., Klein, A. M., Sierau, S., Manly, J. T., Sheridan, M. A., & White, L. O. (2022). From Maltreatment To Psychiatric Disorders In Childhood And Adolescence: The Relevance Of Emotional Maltreatment. Child Maltreatment, 29(1), 142–154. Https://Doi.Org/10.1177/10775595221134248

Shin, H., Lee, Jung., Min, J. (2019) Sexual Knowledge, Sexual Attitudes, and Perceptions and Actualities of Sex Education among Elementary School Parents. Child Health Nurs Res. Doi : 10.4094/chnr.2019.25.3.312

Solehati, T., Kosasih, C. E., & Hermayanti, Y. (2023). Child Sexual Abuse Prevention : A Qualitative Study Of Teachers ’ Educational Needs. 9(6), 554–562.

Downloads

Published

2025-06-18

Issue

Section

Article