PENGARUH EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU WARGA MENUJU ZERO WASTE PADA RT 20 KELURAHAN SAWAH LEBAR BARU

Authors

  • Ahmad Bagas Pradani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Riska Yanuarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hasan Husin Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nopia Wati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Wulan Angraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Henni Febriawati STIKES Al Su'aibah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.51712/mitraraflesia.v17i1.401

Abstract

Pola pengelolaan sampah yang efektif diperlukan karena Indonesia menghadapi masalah besar dalam pengelolaan sampah, dengan 175.000 ton sampah per hari, atau 64 juta ton per tahun. Rt. 20 Kelurahan Sawah Lebar Baru masih menggunakan sistem pengelolaan sampah yang buruk dan belum menerapkan konsep pengelolaan sampah rumah tangga yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan pengelolaan sampah berdampak pada pengetahuan, sikap, dan perilaku penduduk Rt. 20 Kelurahan Sawah Lebar Baru. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuasi eksperimen, menggunakan satu kelompok pre-test dan satu kelompok post-test. Orang-orang dari RT 20 Kelurahan Sawah Lebar Baru berjumlah 78 orang yang menjadi sampel penelitian. Hasil: Analisis menunjukkan bahwa variabel pengetahuan meningkat dari rata-rata 17,95 sebelum edukasi menjadi 21,9 setelahnya, dengan uji Wilcoxon menunjukkan nilai z 6,920 dan sig. 0,000. Variabel sikap juga meningkat dari rata-rata 36,88 menjadi 41,92, dengan uji Wilcoxon menunjukkan nilai z -7,590 dan sig. 0,000. Variabel perilaku juga meningkat dari rata-rata 55,55 menjadi 63,26.  Akibatnya, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan, sikap, dan perilaku warga Rt 20 Kelurahan Sawah Lebar Baru dipengaruhi oleh pelatihan pengelolaan sampah. Disarankan agar masyarakat lebih peduli dengan pengelolaan sampah rumah tangga dan menerapkan konsep zero waste untuk mengurangi sampah.

Downloads

Published

2025-03-27

Issue

Section

Article