TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT (PIO) DI PUSKESMAS KANDANG KOTA BENGKULU
Abstract
Pelayanan Informasi Obat (PIO) wajib diberikan oleh tenaga farmasi yang berkaitan dengan penggunaan obat yang diserahkan kepada pasien dan penggunaan obat secara tepat, aman dan rasional atas permintaan masyarakat. Pemberian informasi obat memiliki peranan penting dalam rangka memperbaiki kualitas hidup pasien dan menyediakan pelayanan bermutu dapat menurun akibat adanya ketidakpatuhan terhadap program pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Puskesmas Kandang. Metode penelitian ini berupa deskriptif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 720 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 88 orang responden yaitu pasien yang menebus obat di depo farmasi Puskesmas Kandang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada 88 responden. Analisis data diukur menggunakan skala likert. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Puskesmas Kandang didapatkan hasil puas (76%) terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan oleh petugas farmasi di Puskesmas Kandang Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Informasi Obat, Pelayanan Kefarmasian
References
Adityawati, Dkk. 2016. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien Rawat Jalan di Instansi Farmasi Puskesmas Garbag I. Magelang Universitas Muhammadiyah Magelang.
Arikunto, S. 2017. Prosedur
Penelitian. Rineka Cipta.
Aspuah, S. 2013. Kumpulan Kuesioner Instrumen Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Medical Book
Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik. 2007. Pedoman Konseling Pelayanan Kefarmasian di Sarana Kesehatan. Jakarta.
Ginting, A. 2009. Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek kota Medan. Medan. Skripsi. Universitas Sumatra Utara.
Husni, Dkk. 2018. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat di Puskesmas Karang Intan 2
Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Kalimantan Selatan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo.
Riadi Mukhlisin. Kepuasan Pasien. https://www.dosenpendidikan.c o.id/kepuasan- pasien/27/01/2020.
Kotler P dan Keller K.L. 2016. Marketing Managemen 15. Perason Education, Inc.
Lidya P Manurug. 2010. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalansi.
Mawaliya Wifda. 2011. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Terhadap Pelayanan Informasi Obat di Instalasi Rumah Sakit Ortopedi Surakarta Periode Maret-Mei 2011. Surakata. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nooria W. 2008. Pengaruh Persepsi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di RSU Saras Husada Purworejo. Skripsi. Fakultas Psikologis. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nursalam. 2011. Manajemen Keperawatan edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.
Peraturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Minimal untuk Kepuasan Pasien.
Peraturan Mentri Kesehatan No. 74
Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas
.
Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun
Tentang Pekerjaan
Kefarmasian.
Pohan. 2013. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.37638/mitraraflesia.v12i2.34
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MITRA RAFLESSIA: Journal of Health Science indexed by:
email:stikesbh03@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License