Faktor yang Berhubungan dengan Gangguan Pendengaran Pekerja di Industri Pengolahan Karet PT. X Kabupaten Seluma Bengkulu

Andriana Marwanto, Mualim Mualim

Abstract


Kesehatan kerja bertujuan agar pekerja memperoleh derajat kesehatan setinggi-tingginya baik fisik, mental maupun sosial Kebisingan merupakan salah satu masalah kesehatan lingkungan kerja, khususnya terhadap fungsi pendengaran. Gangguan pendengaran akibat bising dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti intensitas kebisingan, durasi paparan, area tempat kerja dan penggunaan alat pelindung diri. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan gangguan pendengaran Pekerja di Industri Pengolahan Karet PT. X Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan diskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian adalah pekerja di bagian produksi dengan Jumlah 56 pekerja. Data diperoleh dengan cara pengukuran intensitas kebisingan, pemeriksaan gangguan pendengaran dengan alat audiometri serta wawancara dengan kuesioner tentang karakteristik responden dan pemakaian Alat Pelindung Diri. Analisis data dilakukan dengan cara uji Che-Square untuk menentukan hubungan antara variabel dan uji regresi logistik untuk menetukan faktor yang paling beresiko terhadap terjadinya gangguan pendengaran. Hasil penelitian diketahui bahwa 73,20% responden sudah berumur lebih dari 40 tahun, masa kerja responden lebih dari 20 tahun sebesar 51,80% sudah bekerja di PT X selama lebih dari 20 tahun; 50 % responden memakai APD pada saat bekerja; dan 64,30 % intensitas kebisingan pada ruang produksi masih dibawah nilai NAB 85 dB. Ada hubungan antara umur, pemakaian APD dan Intensitas Kebisingan terhadap gangguan pendengaran, dengan nilai p-value (0,050; 0,006; 0,021).

 

Kata Kunci      : Kebisingan, APD, Gangguan Pendengaran

Full Text:

PDF PDF Turnitin

References


Suma’mur, PK.. Higiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Sagung Seto, 2013

Jumali, Sumadi, Andriani S, Subhi M, Suprijanto D, Handayani WD, et al. Prevalensi dan Faktor Risiko Tuli Akibat Bising pada Operator Mesin Kapal Feri. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 2013, 7 (12)

World Health Organization (WHO),. Grades of Hearing Loss Impairment. 2015 Website: http://www.who.int/deafness/hearing_impairment_grades/en/,

Arlinger S, Negative Consequences of Uncorrected Hearing Loss-A Review. Int J Audiol. 2003,Jul; 42 Suppl 2:2.

Mukono J, Epidemiologi Lingkungan Enviromental Epidemiology. Surabaya: Airlangga Univerisity Press, 2002

Soepardi E, Iskandar N. (eds), Buku Ajar Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok (Edisi ke-5). Jakarta: BP FK UI, 2003.

Hisma, Hubungan Kebisingan dengan Gangguan Pendengaran Pada Pekerja di Unit Produksi Paving Block CV. Sumber Galian Makassar: Universitas Hasanuddin, 2014

Achmadi, Upaya Kesehatan Kerja Sektor Informal di Indonesia. Jakarta: Depkes RI, 2013.

Sari, D. Pemetaan Tingkat Kebisingan dan Hubungan Lama Pemaparan Terhadap Gangguan Pendengaran pada PT PLN (Persero) Sektor Mahakam Samarinda. Fisika Mulawarman, 2012 Vol 8 (No 1).

Kusumawati, Hubungan Tingkat Kebisingan Di Lingkungan Kerja Dengan Kejadian Gangguan Pendengaran Pada Pekerja di PT X 2012. Skripsi. Depok:UI, 2012.

Tarwaka, Bakri, S., Sudiadjeng, L, Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta: Uniba Press, 2014.

Ibrahim H, Basri S, Hamzah Z. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Gangguan Pendengaran Pada Tenaga Kerja Bagian Produksi PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Unit Makassar. Al- Sihah: Public Health Science Journal 2016; 8(2):121-129.

Marisdayana R, Suhartono, Nurjazuli. Hubungan Intensitas Paparan Bising Dan Masa Kerja Dengan Gangguan Pendengaran Pada Karyawan PT.X. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia. 2016; 15(1):22-27




DOI: http://dx.doi.org/10.37638/mitraraflesia.v12i2.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

MITRA RAFLESSIA: Journal of Health Science indexed by:

Find in a library with WorldCat

Secretariat Office:
Research And Community Service Institute
STIKES Bhakti Husada Bengkulu
Jl. Kinibalu 8 RT. 012 RW. 002 Kebun Tebeng, Ratu Agung Bengkulu 38227
Telp./Fax. 0736-23422, Website : stikesbhaktihusada.ac.id 
Telp  :  
email:stikesbh03@gmail.com
 

Copyright STIKES BAKTI HUSADA
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License